Bagiku seni adalah titik, biarkan sejenak kulukis indahnya dunia ini dengan titik-titik yang bermakna.

Yuk, Kenalan Sama Until Drop Squad!

source :www.unsplash.com

Kayanya blog ini bukan cuma bersarang laba-laba, tapi sudah dipenuhi telur dinosaurus. Mohon maaf buat para skripsi fighter seantero nusantara ini, gue  udah lama gak bakesah-kesah lagi. Selain karena emang lagi gak ada yang perlu gue ceritain, sekarang "katanya" gue sibuk banget. 
Persis sebulan kemaren, gue sama Della lagi ikut program 'penggelapan' kulit gitu biar makin eksotis. Tapi setelah itu kayanya malam hari gue butuh banget yang namanya lampu stadion biar ga dikira jemuran gentayangan. Gimana enggak gelap banget kaya pantat wajan (jangan dibayangin entar batal), demi 5000 rupiah gue dan tim meregang nyawa di bawah matahari sejengkal. Lo ga tau aja panasnya sentul, udah kaya neraka lagi nguap. Tapi meskipun udah gosong dan uang saku pas-pasan, gue tetep happy. Ibaratkan istilah Ali temen gue "santai, nikmati hidup". Ya gue sangat menikmati waktu selama sebulan kemaren. Karena pada waktu itu gue bener-bener nyadar "ternyata nyari uang itu susah (*read bagi pemasar).

 Mungkin kalo nyeritain  Vita terus, gue khawatir jadi duta blogger dan dikenal banyak orang. Muka -gue kesebar dimana-mana kaya buronan teroris, bahkan salah satu foto gue dipake buat nutupin bolongan pintu WC umum. Gue sih enggak masalah, tapi masalahnya nanti pengguna WC tersebut harus bayar dobel buat BAB plus muntah yang tak tertahankan. Oke baiklah, mari kita tinggalkan Vita "si temen usang" yang masih usefull (Tolong bahasanya) dan segala kesah-kesah konyolnya. Kali ini gue mau ngenalin ke kalian temen-temen baru gue selama survei. Dan gue juga enggak ceritaon della karena mungkin juga dia khawatir mengalahkan kepopuleran Vita, meskipun dia juga bagian dari tim survei ini

Sabda Sang Kuda
Orang ini menurut gue punya tingkat kepedean yang cukup tinggi. Dia satu-satunya "manusia kuda" terpede yang pernah gue kenal. Jika di ukur pake skala likert 1-5, mungkin gue harus bikin kotak baru dan nyonreng angka 9. Kuda? Kalo mau tau banget artinya coba tanya sendiri. Tapi yang jelas itu nama alamnya (katanya sih anak mapala gitu lah).  Namanya boleh Ali tapi sabdanya udah kaya Mario Teguh sebelum nemun jargon "Golden Ways". Menurut Ali, akar masalah yang menjadi polemik tak berkesudahan  mengapa para jomblo sampai jompo belum jadi duo karena ada masalah dengan "public speaking"nya (public speaking!!! itu mau pedekate apa ikut interview kerja?). Dia terus nyalah-nyalahin public speaking gue sama Lulu waktu kami ngobrolin para adik yang udah punya gandengan.

"Communication skills kalee" 

"Enggak, yang bener itu public speaking"

Untung waktu itu belum puasa, jadi gue bebas mau milih minum bensin atau airkamar mandi buat mendinginkan kepala.

Tapi diantara sabdanya, yang sangat fenomenal dan sampai sekarang dijadiin nama tim adalah "Until Drop Team".

Jadi waktu itu ceritanya pas hari kamis kegiatan survei ini dibantuin 3 tim dari UIKA. Peraturannya, tim sudah harus berada di kantor BTTM Tazkia pukul 07.30. Sebenernya tim ini sudah berangkat pagi banget dari kampus mereka, tapi karena jaraknya jauh akhirnya mereka nyampe jam 08.00 di BTTM dan diselingi "drama" kesasar ke kampung sebelah. Karena survei dilakukan dari kampung ke kampung, mereka juga menyimpulkan kalo kantor BTTM juga berada di perkampungan (Nggak apa-apa, anak baru kan?).

Begitu tim nyampe, sang "frozen" tanpa aba-aba mengirimkan sesuatu di grup dan akhirnya gue bingung sendiri nyari guide yang akan diikuti ke lapangan. Sebagai emak yang baik, gue harus memastikan anak-anak gue berangkat duluan dengan selamat. Dan saatnya giliran tim gue. eng ing eng. Telenovela Emiralda, Armando Betty Lapea bin Amigos pun dimulai. Sang guide pergi meninggalkan kami tanpa pesan atau tanda seru.

ngeeeeeeeeeeeng!!!! bimsalabim akhirnya jejak motor dan motornya  udah nggak terdeteksi lagi di jalan raya. Barangkali guidenya terbang menuju langit biru. Gue yang belum tau keadaan di depan nyoba contact salah satu temen dan mereka bilang kalau mereka lagi di mesjid. MasyaAllah, mereka sholat dhuha dulu, teladan! Pas gue sama Lulu nyampe, kyaaaa!! ternyata mereka cuma numpang parkir sambil tengok kiri dan kanan mastiin ada pohon cemara.

"Lhah kok pada disini?" 
"Iya tadi kita udah ngikutin bapaknya. Tapi karena anak UIKA juga ngikutin akhirnya kita nggak ngikutin lagi."
Gue nyoba contact guidenya. Kalo pun gak bisa nyusul majelis pertama, mudah-mudahan majelis kedua bisa ikut survei. Tapi permirsah, gue di omelin mulu sama mbak operatornya "nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi, cobalah beberapa saat lagi!" Waduh jangan-jangan bapaknya ke gunung Salak lagi? Atau ke planet lain! Karena enggak bisa dihubungi akhirnya kami sepakat nungguin di depan mesjid sampe zuhur. Dan pada waktu itulah lahir "until drop". Kotak sabun berterbangan, tahu sumedang rasa granat meledak, air mineral rasa perasan cabe dan seorang penumpang hampir membentuk formasi "Cabe-cabean" karena seseorang terus disalahkan (becanda sih) akibat ngebiarin guide disalip anak UIKA.

"yaah kita jangan break down (gue ingatnya harga saham) dong!" teriak gue pas liat satu temen gue pergi. 
"Iya kita tuh jangan (sampai) until (bubar) drop."  kata Ali dengan pede banget.
"Until drop???? huahahaha" kayanya  public speaking terlalu improve dan dibumbui tingkat kepedean yang lumayan akut.

Lenong "Navigator"
Kalo boleh dibilang, suksesnya mobilitas tim "Until Drop" selama sebulan ini dari satu majelis ke majelis yang lain berkat support dari Hervan a.k.a "Lenong" (Nama alam alam cuy). Selain karena udah khatam jalanan Sentul, dia juga bertugas ngikutin guide lebih awal dari kami semua. Pernah beberapa kali Hervan enggak ikut survei, alhasil, tim yang barengan gue terpaksa bolak-balik 4 kali di tempat yang sama karena kesasar (bukan salah gue yah). Tapinya selama survei dia suka di bully. Entahlah, apa karena suara dia lebih bagus atau masa mudanya lebih berwarna, hanya tuhan jelah yang tau.

Intan sang Wonder Woman
Kalo amerika punya Captain Amerika, Tazkia punya cewek Medan ini. Cewek mana yang nekad ngebut dijalan penuh "kismis" segede tinju orang dewasa. Waktu itu doi pernah jatuh dari motor. Gue sama lulu udah deg-degan ngeliat. Tapi apa, dia bangun tanpa kibas-kibas dulu daaaaan ngeeeeng!! Gue sama lulu langsung ngakak ngeliat dia. Coba kalo gue yang jatoh, udah ngedrama dulu sambil lambai tangan minta bantuan pangeran berlamborghini hehe.

Gue heran sama jalanan di Bogor ini, khususnya di Sentul. Gak ada gitu inisitatif buat ngeruk jalan dulu, didatarin dikit kek, ya setidaknya jangan bikin jalan kemiringangannya hampir 90 derajat. Kalo mulus sih enggak masalah, masalahnya ini udah kaya turunan/tanjakan maut. Gue udah dua kali hampir moonwalk pake motor dijalanan begitu. Salah satunya sama Intan. Untung gue inisiatif langsung turun dan ngedorong motor. Kejadian selanjutnya sepatu sebelah kiri gue kelepas dan kaki sebelah kanan kena injekan motor. Bukannya dikasianin, gue diledekin sama Ali dan Della. Kayanya mereka puas banget ngetawain kesengsaraan gue. Gue nggak kebayang kalo ada banyak orang yang ngeliat waktu itu. Mending gue pura-pura pingsan atau mati sejenak. Yang gue takutin jatuh itu bukan nahan sakit, tapi nanggung malunya. (apaan sih gue lebay banget).

sumber: archive.tabloidbintang.com

Si Barbie baju formal
Enggak tau kenapa, setiap pagi ketemu Lulu anak-anak terutama si kuda sama hervan selalu komenin baju dia. Dibilang mau ke pesta lah, mau jadi guru lah dan bla bla bla. Soalnya pas hari pertama survei, bagian bawah dress Lulu bolong kena knalpot dan sepatunya kotor kena becek. Normal kan kalo dia komplain ama penampilannya, bukannya kasihan si kuda malah ngeledek "makanya jangan pake baju kaya gitu lagi!".

Doken Suaka Margasatwa
Pagi itu gue sama Della dan Lulu ketemu kucing anggora belang tiga. Sebenernya kalo diliatin doang lucu banget sih. Entah karena gue aulurophobia atau mungkin zoophobia, gue enggak berani deket-deket. Udah aja gue anggurin kaya busa bekas mandi.

Pas siangnya gue diajak main ke basecamp "Haihata" (nama mapala kampus gue) sama tim survei yang notabenenya anak Haihata. Udah aja gue ikut. Begitu nyampe basecamp gue sama Della teriak,

"Lah ini kan kucing yang tadi di BTTM?!" 
"Enggak, enggak." sahut si doken yang lagi nyapuin basecamp (Setiap gue sama temen-temen ke beasecamp hal pertama yang dia lakuin adalah megang sapu, kurang rajin apa coba temen setim gue).
Gue nggak percaya jawaban si doken. Orang jelas-jelas itu kucing yang gue liat tadi pagi. Mikro ekspresinya juga mencurigakan.

Pas kita desak-desak terus akhirnya bocah itu jujur,

"Iya ini kucing yang tadi." 
"Lhah itu kan ada yang punya kale." 
"Apaan? orang tadi gue nemu di got lagi nyari makan. Kan kasian. Mending gue bawa pulang. disukaain, dikasih makan." 
Ilustrasi : kompasiana.com
Rasanya gue pengen ngeguncang bahu tuh bocah biar sadar. Coba lo bayangin aja, kucing lagi enak-enak jalan di komplek majikannya, berjalan lenggak-lenggok kian kemari sembari bulunya dikibas-kibas semilir angin dan tiba-tiba dibawa pergi. udah TAMAT!

"Ah kalian parah nih, ini namanya penculikan! Kalo pemiliknya nyariin gimana." Doken sibuk dengan mainan barunya. Seolah-olah dunia ini milik mereka berdua, gue sama yang lain cuma tanah kosong yang bisa dipake buat ber*k buat si kucing.

Beberapa minggu setelah aksi penculikan, gue denger si "Kubes" (untung bukan kudis yaaak) hilang. Gue yakin dia rindu majikannya dan ingin kembali ke pangkuan majikannya.

Noura sang Penakhluk jalan Sidrotul Muntaha
dok. Pribadi
Cerita gue sama Noura enggak banyak. Tapi sama kaya Intan, gue selalu ingat ketangguhan gadis kemayu ini. Waktu itu gue kebagian survei ke daerah Sukaraja. Beuh jalan disana bro, udah berasa lagi tutorial meniti jembatan sidratul muntaha. Gue sampe nahan napas kalo udah ditanjakan karena takut motornya kejungkal kebelakang karena menanggung beban dosa gue. Dan kalo kebagian dapet jalan yang dibelah sungai nila (kaya foto diatas) biasanya gue berusaha enggak gerak banyak, takut motor oleh. Pokoknya jalan di daerah disitu paling cocok buat nyadarin orang yang banyak dosa kaya gue biar ngerasa lebih dekat dengan kematian.

Ya walaupun penuh penderitaan, gue ngerasa beruntung bisa dikasih kesempatan untuk menemukan "orang lain" dalam diri gue serta karakter sesungguhnya teman-teman yang enggak ditemuin ketika di kampus. Jaya terus buat tim Until Drop dan teman-teman dari tim 2 yang nggak kalah kompak dan kece (gue nggak mention nama kalian sekarang karena entar gue ceritain di sesi selanjutnya hehehe) !!!! Semoga kita sukses, selayaknya kesuksesan kita hingga detik terakhir ngumpulin 1500 kuesioner, teman-teman. Gue bukan apa-apanya tanpa support dari kalian semua! Sampai ketemu di next project yaaah ;)

No comments:

Post a Comment