Bagiku seni adalah titik, biarkan sejenak kulukis indahnya dunia ini dengan titik-titik yang bermakna.

Pengangguran Jadi korban Prospek Pengusaha Baru

Ilustrasi via Unsplash.com

Hai para skripsi fighter udah berapa butir nelen promag? Itu sakit beneran apa kehabisan bahan pangan yak? Ngerjain skripsi emang kewajiban, tapi ingat juga kesehatan. Laptop aja butuh chargeran, masa lo harus kerja disaat perut kosong. Dan rumah sakit juga hampir nggak ada tempat buat nampung penderitaan mahasiswa tingkat akhir kaya lo. Pokoknya kalian harus segera lulus biar kita bikin Asosiasi Pengangguran Terbuka Indonesia. Kalau perlu kita bikin partai biar Indonesia tau eksistensi pengangguran di bumi pertiwi ini.

Sekali lagi gue bilang, alhamdulillah gue masih memegang record menunggal plus pengangguran. Dan sekali lagi gue ceritain, meskipun sering dapet panggilan interview, ujung-ujungnya gue harus keselek kuku karena diperdaya perusahaan bodong. Rasanya gue pengen ngajak ustad yang sering ngasih pengajian di mushola desa Cadas Ngampar sekaligus minjem TOA fenomenal mesjid yang volumenya lebih dari 7 oktaf itu, cuma buat bilang 2 kata di depan para karyawan "ITUUUU NYAAAAAA!!!" Biar alis mereka merinding dan langsung tobat. Bisa-bisanya orang kaya mereka numpang hidup di negeri ini dan mencoreng merah-putih dengan akal busuknya. Nggak inget apa gimana susahnya bikin skripsi sampe tetanus dan beri-beri. Bayangkan betapa susahnya dulu pengorbanan orang tua supaya anaknya pinter, bahkan mereka hati-hati ngasih makanan biar enggak kemakan yang bisa menghambat pencernaan dan jalan pikiran, tapi nyatanya setelah pake toga otak anak kesayangan mereka tumpah ruah dan berceceran dimana-mana. Setelah tau uang dan bernafsu buat dapat lebih, mereka pun memperbudak kebodohan dan kepolosan manusia setipe gue dan menghalalkan segala cara asalkan dapet fulus. Kalo gue punya kantong doraemon, rasanya gue pengen nyamperin mereka ke masa lalu, trus gue jitak jidatnya sampe pesawat NASA bisa parkir disana. Sekalian gue juga mau bantuin biar di masa depan otak mereka enggak kesempitan sehingga bisa mikir lebih kreatif dan positif.

Meskipun jantung sering kejang-kejang mikirin status temporal saat ini, setidaknya gue bisa lebih sering ngumpul sama temen-temen. Dulu kalau ketemu, topik pembicaraan kami ya seputar mata kuliah atau apa gitu yang enggak jauh-jauh dari perkuliahan. Tapi sekarang pas udah lulus, jadi beda bray. Kalau nggak ditanyain kerja dimana, kapan mau ngundang atau digaji berapa? Mereka nggak tau apa, pertanyaan itu kaya tusukan gigi lagi nyolok cilok? Sakit tau nggak. Gue pernah kepikiran kalo ditanya kaya gitu gue pura-pura asma aja atau tiba-tiba step biar mereka berenti ngomong.
Disamping pertanyaan, sekarang gue juga lagi menghindari teman-teman yang lagi belajar ngeprospek orang. Maklum anak baru, jadi harus rajin-rajin ngajakin orang ikut jaringannya, beli produk atau pake jasa dia. Mereka nggak liat apa, demi bertahan hidup di rantau gue bela-belain makan gorengan selama sebulan ngikut si Vita. Untung pas ditawarin tiket pesawat air mata gue cuma ngumpul ngegemesin di ujung mata dan bon cabe gak tumpah ke hidung sampe akhirnya gue harus nangis pake ingus. Gue tahu mereka ngerasa gue kurang piknik dan homesick, tapi timingnya kenapa disaat gue terancam di phk jadi asisten salah satu dosen? Mau gue bayar pake apa? Pake ijazah, atau pake CV?

Gue punya temen, enggak deket sih tapi temen, enggak suka jalan sih tapi sering main. Dimata gue dia cewek berbahaya yang wajib dihindari karena setiap ngobrol selalu ujung-ujungnya modus prospek.  Gue pikir dia nanyain kapan pulang karena murni kasian sama temen yang udah menahun enggak pulang, eh pas gue jawab dia malah nawarin tiket pesawat terbang. Dan kemaren pas ketemu dia tiba-tiba nanya, "Eh bedaknya ketebelan enggak sih". Gue tau dia lagi modus, sebenernya gue pengen jawab Iya tau ketebelan, sama kaya lo pake tepung tapioka! biar prospeknya gagal meskipun sebenarnya bedak yang dimaksud enggak ketebelan sih. Untung dia temen gue, jadi gue jawab jujur aja Enggak kok biasa aja. Eh si Della enggak paham kode dia malah nanya,  Emang pake bedak apa? Dan tiba-tiba si ratu prospek” mengeluarkan umpan-umpan rayuannya. Jika dia sudah berbicara maka ujian itu menerpa hidup gue dan gue harus tabah menghadapinya sambil zikir untuk menghindari godaan belanja yang terkutuk. Dan pernah juga dia nyeritain bisnisnya, ditengah pembicaraan gue langsung bilang eh, ini nggak lagi prospek kan? Dia langsung senyum-senyum jahat gitu. Hedeuh!

Dalam cerita ini gue sengaja enggak publish nama doi takut dia buka lapak di blog ini dan prospekin pengunjung blog ini dengan usaha travelnya Rezki tour and travel. Yah kalo lo penasaran seberapa jago sih doi ngeprospekin orang, searching aja nama travelnya. Katanya sih doi jual tiket murah gitu, kalo lo nggak percaya coba beli. Tapi walau gimanapun gue salut sama dia. Disaat gue nyari kerja, dia buka lapangan kerja sendiri dan mempekerjakan orang. Orang-orang kaya gini yang besok bakalan di kejar-kejar wartawan SWA, the Economist, New York Times dan Forbes. Dan orang kaya gue cuma ngerame-ramein headline news setiap tanggal 20 Februari. Meskipun suka gedek dijadiin korban prospek pengusaha baru ini,  tapi ada banyak hal yang gue pelajari dari doi. Dalam menjalankan semua hal, lo harus yakin sama diri sendiri meskipun orang lain susah ngebedain antara ketulusan dan modus prospek hehe.

No comments:

Post a Comment