Bagiku seni adalah titik, biarkan sejenak kulukis indahnya dunia ini dengan titik-titik yang bermakna.

Hey, Kapan Mau Ngundang Kita Ke Wisuda?

source : unsplash.com

Oh ya seperti biasa mari kita sapa para skripsi fighter yang saat ini sedang melihara kantung mata biar keliatan begadang demi dedikasi mereka terhadap status mahasiswa akhir. Hai kalian, kapan ngundang kami ke wisudaan? Entar ditanya kapan nikah, gue takut di tebas pake mandau terbang. Ngomongin masalah skripsi, mahasiswa tingkat akhir sama problema revisiannya sama kayak membahas sisi kelam kehidupan mahasiswa. Apa coba skripsi, bikin temen gue ringkih bahkan mengerut kaya cengek dijemur. Mereka merayap bahkan ngesot sampai ke parkiran perusahaan atau bank biar para responden ngelirik kuesioner ditangannya. Tapi nyatanya apa, meskipun para responden tersebut merupakan sampel terbaik yang dihasilkan rumus slovin, mereka tidak tergoyahkan. Bahkan Isac Michael sekalipun tidak mampu meluluhkan perasaan sebagian para responden. Dan enggak cuma susah ngumpulin 30 respon,  sekarang pas di running ternyata data enggak reliabel atau enggak valid?? Oh my God! Gue jadi paham kenapa laptop mahasiswa akhir rata-rata engselnya pada rusak. Soalnya si laptop dijadiin samsak dan di jab berkali-kali. Guys!!!! Enggak masalah lo harus pake cara anti mainstrean kaya salto, kayang dari kosan ke kampus atau nangis sampai ngejerit dibawah shower sambil ngetik skripsi pake kaki, yang penting akhirnya skripsi lo kelar juga. Revisi itu biasa, dosen galak lagu lama, panas-dingin suasana sidang kaji lama yang dari jaman jebot juga dirasain oleh para pemimpin yang lagi tiduran di senayan. Mungkin mereka sampe sekarang masih ngantuk karena selama skripsian cuma tidur 1,2 detik perhari. Lo harus kuat mental buat nyelesain skripsi sekalipun habis itu tiba-tiba ambulance Rumah Sakit Jiwa parkir di depan kosan lo. Biar si Ongki (Film Kecil-Kecil Jadi Mantan, itu lhoh yang suaminye Rohaye) yang sampe bebini masih di kepit di ketek emaknya kaya dompet kondangan. Enggak apa-apa kok yang penting akhirnya lo ngundang gue ke wisuda. Mau gue bawain apa? CV, fotokopi KTP, amplop coklat? Tenang dirumah gue stoknya banyak. Asal lo jangan minta uang aja ke gue, perlu gue endorse lagi kalo gue pengangguran biar pas lo wisuda gue dipanggil kedepan dapet gelar “Summa Cumlaude” karena paling lama jadi pengangguran? Oke terus aja gitu, gue sumpahin juga skripsi lo cepet kelar biar jadi kenyataan sekalian.
Berada di puncak teratas status mahasiswa sering bikin mahasiswa kena depression disorder. Malah gue pernah baca artikel, ditemukan mahasiswa tewas gantung diri karena tak kuasa menanggung beban skripsi. Nih ya pesen Dosen gue bapak Mukhammad Yazid (Maaf pak lupa gelar), tugas akhir yang dinyatakan skripsi adalah tugas yang selesai. Jadi buat apa kalian bikin judul keren-keren tapi ujung-ujungnya nggak kelar. Tulislah apa yang kalian suka biar lebih enjoy mengerjakannya Menulis apa yang disukai bukan berarti sembarangan dong, entar malah dibuang lagi kaya kasus tempo hari, sebuah universitas ngebuang skripsi mahasiswanya.

Pesen gue sih, tenang aja ini bukan pesan terakhir kok. Soalnya gue bakal terus berpesan sampe lo ngasih undangan wisuda. Sering-sering aja ngumpul bareng teman sambil ngegadoin bon cabe atau gorengan kek buat diskusi. Barangkali temen lo bisa ngasih ide, tapi sabar aje kalo lebih banyak yang curhat ke lo daripada lo sendiri. Atau mungkin lo datengin dosen satu-satu sekalian nyakuin dosa selama kuliah. Siapa tau karena masih banyak salah lo jadi susah mikir. Habis minta maaf nah coba tanya pendapat beliau. Dosen lo bukan cuma dosen pembimbing guys. Selagi lo mahasiswa bahkan entar lulus dan beranak-pinak mereka semua yang ada dan menyinari kampus lo dengan ilmunya itu adalah dosen lo. Buka mata, buka hati dan ingat kebaikan-kebaikan mereka selama ini sehingga lo sadar betapa banyak dosen yang lo abaikan nasehatnya (lhah gue kayak training motivator yaak). Berhentilah mengeluhkan si ini dan si itu yang tidak bersalah. Lo harus ikutin jargon Pak Jokowi, “Kerja, kerja, kerja”. Jadi mulai sekarang logout semua akun sosmed lo, matiin paket sekalian kubur hp lo (gue sih ga segitunya sih hahaha) dan mulailah kerjain skripsi. Dan terakhir, lo bisa kan dateng ke rumah camer sambil bawa undangan ke wisuda. Siapa tau besoknya disuruh bikin undangan pernikahan anaknya, tapi bukan sama lo hahaha.

No comments:

Post a Comment