Bagiku seni adalah titik, biarkan sejenak kulukis indahnya dunia ini dengan titik-titik yang bermakna.

Fresh Graduate, Waspada Jebakan Perusahaan Siluman

Times
Ilustrasi by Unsplash.com
Seperti biasa, gue nggak akan pernah lelah buat nyapa para skripsi fighter  di dunia maupun di akhirat. Hai kalian, mau sampai kapan jadi pengangguran terselubung? Meskipun saat ini diantara kalian lagi jambak-jambakan kerudung biar paling awal semprop dan sebagian lagi nyabutin jambang teman biar ditunda sidang, gue yakin kalo suatu saat lo bakal ngerasain gimana rasanya dibilang “lulus” meskipun dibantai sampe badan mengkerut kehabisan keringat. Semangat ya, kaya gue yang selalu semangat meskipun udah ditolak kerja berkali-kali. Yang penting berusaha, selebihnya banyakin tobat aja biar jadi pemuda sholeh dan ketika lo berdoa malaikat pun ikut ngeaminin.

Kayaknya akhir-akhir ini pojok sastra agak bersarang laba-laba (tapi gak sebanyak pojok Artnya si mapita. Kayanya anak itu lagi ngumpulin mood dan keberanian buat ngeposting karyanya hehehe). Maklum ibunye lagi sibuk nyongkel rejeki di ibu kota. Enggak tau kenapa akhir-akhir ini gue lagi rajin aja ikutan jobfair dan ngasongin ijazah S1 ke berbagai perusahaan. Alhamdulillah sampai hari ini status gue udah nggak pengangguran lagi, tapi karyawan yang tertunda. hahaha. Sama kaya orang yang habis jalan-jalan, kali ini gue enggak cuma bawa CV nyisa tapi juga mau nyeritain pengalaman gue pas nyari kerja. 

Setelah sekian lama akhirnya gue sadar kenapa sampai saat ini bukan hanya menunggal, gue juga mesti pengangguran. Karena sering masukin lamaran ke perusahaan BUMN, gue harus kalah berebut pancingan dengan puluhan ribu pelamar yang berasal dari universitas favorit lainnya. Wajar aja kalo baru masuk meja administrasi, CV gue udah disingkirin karena nggak ada yang percaya di sentul ada kampus. Soalnya pas ditanya “kuliah dimana?”gue jawab Bogor malah dibilang IPB, gue bilang Sentul malah dibilang ngibul. Oke mumpung lagi inget, sekali lagi gue tegaskan bahwa selama empat tahun ini gue nggak pernah kuliah di sirkuit apalagi di jalan tol. Gue kuliah di kampus namanya STEI TAZKIA. Lokasinya dibelakang mesjid Andalusia, deket pasar Ahpoong dan Bellanova. Kalo masih nggak percaya dateng aja langsung dan sebut nama gue tiga kali, siapa tau ada yang kenal gue.

Biar nggak jadi pengangguran selamanya, gue memutuskan untuk berhenti sejenak menyasar perusahaan BUMN. Akhirnya gue download aplikasi lamaran kerja dan mengirimkan CV ke beberapa perusahaan yang saat itu membutuhkan lowongan kerja. Beberapa minggu kemudian akhirnya gue dapet  email panggilan interview. Biasanya sebelum wawancara kerja, gue selalu searching dulu profil perusahaan dan lokasi akurat alamat perusahaan, apalagi gue buta banget sama kota Jakarta. Bogor aja bikin gue sering nyasar, gimana kalo gue dicecerin kaya lembaran cepek di Jakarta. Bisa habis di oper sana-sini sampe lupa udah dimana.. Gue akhirnya searching berbagai informasi tentang perusahaan tersebut. Sumpah jantung gue ambruk ngebaca fakta tentang perusahaan itu. Ternyata alamat yang dicantunkan tidak ditemukan di peta. Setelah baca beberapa artikel ternyata perusahaan itu milik siluman. Lah kok bisa? Apa emang ada kali ya perusahaan alam gaib yang lagi pengen merektrut manusia gitu. Wah kayanya perusahan itu milik konglongmerat siluman. Gue sih mau aja kerja asal digaji dengan uang halal dan dikasih tempat kerja yang nyaman dan penuh cahaya iman dan islam. Tapi masalahnya jika digaji pake uang dan nyampe rumah berubah jadi daun? lhah piye? Tapi faktanya perusahaan siluman ini cuma akal-akalan manusia busuk (bau menyan sama bunga kamboja) yang pengen dapet duit dari hasil memeras para fresh graduate yang masih polos.

Bro, kerjaan bukan  kaya balapan F1 yang dilakukan Rio Haryanto sampe harus terburu-buru, tapi milih profesi yang tepat dan membuat kita nyaman dalam bekerja (ciyee pesan moral). Jadi buat lo yang senasib dengan gue, gak usah buru-buru deh biar dapet kerja kalo ujung-ujungnya lo cuma dijadiin darah segar para drakula perusahaan. Bukannya bisa nabung buat modal kawin, semua kekayaan lo malah ditilap orang yang nggak bertanggung jawab. Sebelum ngelamar kerja, alangkah lebih baik kalo lo searching dulu berbagai informasi tentang perusahaan tersebut. coba cek sejarah, integritas dan corporate image-nya. Karena nggak semua tempat kerja perfect, setidaknya dengan mengetahui informasi lebih dalam lo udah bisa ngebayangin “rumah kerja” lo.

No comments:

Post a Comment