Bagiku seni adalah titik, biarkan sejenak kulukis indahnya dunia ini dengan titik-titik yang bermakna.

Udah Berapa Kali Ke Tukang Print-Nan?

source : http://blog.unnes.ac.id

Kali ini gue males make mukadimah, tapi alangkah baiknya kita sapa sejenak para skripsi fighter di seluruh Indonesia, “Apa kabar sis-bro, udah berapa kali ke tukang print-nan?” Karena dikasih pertanyaan mainstream ‘skripsinya udah sampe BAB berapa?’, nanti yang ditanya buru-buru masuk WC buat membombardir mulut kloset. Dan pertanyaan ‘Revisian udah sampe mana?’ bikin yang ditanya muntah kertas penuh lukisan “ala cacing kremi” dosen pembimbing. Makanya gue ngasih pertanyaan yang anti mainstream. Karena sebagai alumni mahasiswa tingkat akhir gue tahu persis gimana rasanya bolak-balik ke tukang print-nan cuma karena typo satu kata dan dosen pembimbing ngotot sampe biji matanya loncat buat nyuruh revisian. Soalnya efek domino musibah revisian itu berimbas pada subtitusi dendeng batokok, gulai tunjang, ayam KFC dan telor ceplok menjadi promag di akhir bulan. Gue berharap semoga Vita nggak disuruh bolak-balik ke tukang print-nan karena gue gak tega aja ngeliat dia yang biasa makan gorengan sekarang cuma bisa ngumpulin cengek di plastik bekas gorengan buat makan nasi. 

Skripsi bukan hanya mengubah kebiasaan orang tapi bikin orang lupa diri. Gue lupa kalo gue jomblo dan Vita juga lupa jalan menuju warteg. Bahkan della juga lupa dengan misi-misinya untuk mengalahkan panda dan beruang di Farm Frezy. Bukan hanya kami bertiga, pada umumnya skripsi mengubah kebiasaan mahasiswa tingkat akhir di kampus. Semenjak tahu bahwa disamping menggunakan kuesioner dan data publikasi, data penelitian juga dapat diperoleh melalui metode observatif. Akhirnya disamping ngerjain skripsi, gue mengobservasi ‘pengaruh skripsi terhadap kebiasaan mahasiswa akhir’ menggunakan metode tatapan mata.Temen gue yang biasanya kaya tante-tante “lamborghini” sekelas syahrini mau kondangan, pas udah pada skripsian berubah jadi “gadiez biazza”. Alis yang biasanya kaya garis pinggir jalan tol, jadi kurang simetris karena nggak sempat dipenggarisin dulu. Ketebalan bedak mereka berkurang 1 mm, tapi cuma bibir yang masih sempet ditempelin lipstik biar nggak ketauan meriang karena bergadang. Temen gue yang biasanya ngampus ala-ala model hijab, kerudung dipelintir dan dijarumin sana sini sampe salah satunya nancep di ubun-ubun, ketika bikin skripsi udah nggak nyadar lagi kerudungnya mencong sana-sini, baju lecek bagian pantat karena keseringan duduk di perpus. Malah lebih kasian lagi teman gue yang imut dan lucu, Umi Malikhatun yang kehilangan berat badannya demi dapet gelar sarjana. Skripsi memang sukses meredupkan karisma teman-teman gue. 

Menurut gue skripsi phobia yang menjalari pikiran mahasiswa tingkat akhir perlu sedikit digeser. Skripsi emang butuh pengorbanan dan perjuangan, tapi jangan sampe lo harus kehilangan moment-momet indahnya. Karena cuma skripsi yang akhirnya bikin lo bisa bedain mana ayam goreng mana mie rasa ayam goreng, sampe sekalinya dapet ayam goreng lo harus sujud syukur berkali-kali. Momen skripsi juga bisa lo juga manfaatin buat ngeliat temen-temen yang selama ini suka ngebully, sekarang dibully balik skripsi “geus nyaho tah budak kumaha kejamna skripsi teh” (meski disaaat yang sama lo juga ngesara lebih di bully hehe).

Hampir semua teman bilang kalo gue adalah orang yang paling beruntung dalam proses pengerjaan skripsi karena bakat menulis karena gue bisa sidang di awal. Lhah kata siapa? Nggak mungkin kan gue harus nulis cerpen teenlit di skripsi gue? Malah sebelum direvisi Latar Belakang gue pernah dikatain Della mirip novel, meskipun nggak maksud. Untung waktu itu gue belum masukin kata “Syahdan kemudian” biar sekalian jadi hikayat dan pas sidang dosen penguji harus “mengganggu tidur” Sanoesi Pane buat nerjemahin skripsi gue. Jujur aja gue bisa sidang diawal karena pertama dosen pemimbing gue Pa Sutopo Baiknya luar biasa, selanjutnya tempat penelitiannya di kampus dan faktor lainnya karena pakai jurus ATM. Eiths masa iya gue beli skripsi di negara api, maksudnya amati, tiru dan modifikasi. Dan paling penting dari semuanya adalah jaga mood. Karena gampang bosan apalagi untuk sesuatu yang nggak gue banget, akhirnya gue nganggep ngerjain skripsi itu kaya lagi main game. Setiap bab adalalah level yang harus ditakhlukkan untuk mencapai garis finish. Atau kalau gue bosen bayangin main game, gue nganggep skripsi itu kaya lagi pedekate sama calon pacar (efek jomblo hahaha). Semua bahan bacaan itu strategi buat ngenal doi lebih dalem (ciyee jomblo terhina). 

Meskipun saat ini lo merasa kesulitan, apalagi kesulitan uang tapi please nggak usah minta ke gue karena pastinya gue bukan bank, banyakin usaha dan berdoa. Usaha buat minta lebih ke orang tua atau kalau malu dan merasa sudah gede maka bekerjalah! Seberat apapun tumpukan kertas revisian dan sesering apapun mengunjungi abang tukang print-nan, percayalah suatu saat lo bakal sarjana, tapi nggak tau kapan. Fighting yah buat yang lagi skripsi, kurangi makan gorengan biar gak tumbang saat ketemu dosen penguji (kode keras buat seseorang berinisial Vita #eh??). 
to be continued!

No comments:

Post a Comment